BENCHMARKING PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA IBU HAMIL TERHADAP KEBERHASILAN PEMBERIAN KOLOSTRUM PADA BAYI

Masmuni Wahda Aisya, Fatmah Zakaria

Abstract


Latar Belakang: Di Indonesia kurang lebih 20 bayi meninggal per jam pada bayi kurang dari satu tahun dan hampir 50% kematian bayi ini terjadi pada masa kurang dari satu bulan, bayi baru lahir sangat rentan terhadap kesakitan dan kematian, terutama penyakit infeksi yang disebabkan rendahnya daya tahan tubuh. Kolostrum merupakan cairan yang pertama kali disekresi oleh kelenjar mammae (payudara) berwarna kekuningan mengandung zat kekebalan terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi dan tak akan tergantikan oleh susu formula bergharga mahal sekalipun. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual dengan keberhasilan ibu nifas dalam pemberian kolostrum pada bayi. Metode: Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperiment Non equivalent dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik non probability sampling sedangkan jenis yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester ke tiga hingga bersalin di wilayah kerja puskesmas Telaga Biru. Jumlah sampel pada kelompok kontrol sebanyak 19 orang dan pada kelompok intervensi sebanyak 19 orang. Hasil penelitian: Hasil uji analisis statistic Chy-square diperoleh p.value 0.024 ≤ a = <0,05 artinya ada hubungan pemanfaatan media audio visual pada ibu hamil terhadap pemberian kolostrum pada bayi. Simpulan: Ada hubungan pemanfaatan media audiovisual terhadap pemberian kolostrum pada bayi
Kata kunci: Kolostrum, Ibu Hamil, Bayi, Audio visual


Full Text:

PDF

References


Maryunani,2012. Inisiasi Menyusui Dini, ASI Ekslusif Dan Manejemen Laktasi.Cetakan pertama 2012. CV .Trans Info Medika :Jakarta

Kementerian Kesehatan Indonesia. (2012). Badan Pusat Statistik, BKKBN dan Survei Demografi. Jakarta: BPS

UNICEF. (2007). Initiation of Breastfeeding by Breast Crawl, Breast Crawl.org

Pepti Kumala Bintarawati 2011. Efektifitas Media Flim Sebagai Upaya Peningkatan Inisiasi Menyesui Dini (IMD). Skripsi. Semarang Fik Universitas Negeri Semarang.

Soetjiningsih. (2010). ASI : Petunjuk untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC.

Sukari, et al. 2014. Gambaran Pengetahuan Ibu Postpartum Tentang Kolostrum Di Puskesmas Bahu Manado. JurnalKeperawatan. Vol 1 (1)

Idris dan Enggar. 2019. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Audio Visual tentang ASI Eksklusif terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil di Puskesmas Singgani Kota Palu. Jurnal Bidan Cerdas. Vol 2 (1)

Proverawati. A. (2010). ASI dan Menyusui. Yogyakarta : Nuha Medika

Khosidah, Amik. 2016. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kolostrum Pada Bayi Baru Lahir Di Puskesmas Baturaden Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.9 (1)

Zakaria. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual TerhadapPengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Inisiasi Menyusui Dini Di Kota Yogyakarta. Jurnal Kebidanan. Vol 1 (1)

Bintarawati, PK. 2011. Efektifivitas Media Film Sebagai Upaya Peningkatan Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Fitriyani, et al. 2015. Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Asi Ekslusif. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol VIII (2)

Soetjiningsih. (2010). ASI : Petunjuk untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC




DOI: http://dx.doi.org/10.35721/jky.v4i2.125